anak2

Senin, 17 September 2012

tips menggoreng daging

Finalis MasterChef US Berbagi Tips Menggoreng Daging

detail berita
Lamb Chop with Pistachio Puree ala Sharone (Foto: Lydia/Okezone)
KEDATANGAN celebrity chef dan pemilik Hak’s BBQ Sauce, Sharone Hakman, baru-baru ini ke Indonesia, meninggalkan berbagai kesan. Terutama, saat melihat sosok tampan ini beraksi di dapur, melakukan demonstrasi cara memasak menu signature-nya.

Sambil bersenda gurau dengan rekan-rekan media, Sharone berbagi beberapa tips sehari-hari untuk menggoreng daging yang sempurna. “Saya tidak suka membuang-buang makanan. Sebisa mungkin saya akan pakai bahan memasak sampai habis,” tuturnya mengawali sesi demo masak di Social House, Grand Indonesia, Jakarta.

Lima besar MasterChef US Season 1 ini selalu memiliki siasat tersendiri untuk memanfaatkan bagian daging yang biasanya tidak dipakai banyak orang. Contohnya lemak dan tulang, dari daging apapun, bagian ini jangan dibuang begitu saja. Biasanya, Sharone memasukkannya ke dalam oven, memanggangnya, ketika tulang dan lemak tersebut sudah renyah, dia akan menyimpannya ke dalam toples dan membiarkan minyaknya turun. Kemudian, minyak itu ia pakai untuk memasak lagi sebagai perasa, dan hasilnya tasteful!

“Ketika memasak daging, jangan langsung mengambilnya dari freezer lalu memasaknya”, tambah Sharone.

Spokeperson di American Heart Association ini menyarankan untuk tidak menggunakan daging yang langsung keluar dari freezer. Biarkan dahulu di suhu ruangan selama 30-40 menit atau gunakan daging segar, baru kemudian dimasak. Jika daging dimasak dalam keadaan beku, hasilnya akan cepat garing di luar, namun belum matang di dalam.

Sambil menyiapkan wajan beratnya, Sharone berpesan agar sebisa mungkin ketika memasak, suhu wajan sudah panas. Ketika sudah panas betul, baru masukkan minyak. Minyak yang bagus akan mudah mengalir di wajan. Setelah minyak panas, masukkan bumbu pelengkap dan daging. Masakan hampir selesai, daging domba yang harum tercium dari pan. Sharone pun membagikan tips terakhirnya.

“Saya suka memasak daging dalam ukuran medium,” akunya.

Sharone biasa membiarkan satu sisi daging matang dahulu, lalu membaliknya. Kemudian setelah satu sisi nampak matang, dia memastikannya dengan menekan daging dengan jarinya. Jika sudah cukup lunak, dia mengangkatnya. Daging yang matang di luar alias merah di dalam akan didapatkan dan rasanya lebih enak. Anda tinggal mencari dressing yang tepat sesuai selera. Saat itu, Sharone mengolah daging ke dalam menu Lamb Chop with Pistachio Puree.
Sumber: http://www.okefood.com/read/2012/09/12/304/688630/finalis-masterchef-us-berbagi-tips-menggoreng-daging

Tidak ada komentar:

Posting Komentar