anak2

Senin, 17 September 2012

salah masak sayur malah tidak sehat

Salah Masak, Sayuran Malah Jadi Tidak Sehat

detail berita
(Foto: Getty Images)
SAYURAN menyehatkan karena mengandung vitamin, serat, mineral, dan antioksidan. Namun, proses memasak yang tidak tepat bisa menghilangkan manfaat kesehatannya.

Banyak sayuran dapat dimakan mentah sehingga menambahkan variasi Anda dalam bersantap. Di samping itu, Anda juga perlu tahu bahwa Anda akan menjadi seperti apa yang Anda makan; apakah menjadi sehat atau tidak sehat. Cara terbaik mengonsumsi sayuran sehat, adalah mentah, dikukus, ataupun direbus.

Berikut adalah daftar sayuran sehat, tapi dapat berubah tidak sehat karena dimasak dengan teknik yang salah, seperti dilansir Boldsky:

Keripik sayuran

Anda suka keripik kentang? Sayang, keripik kentang tidak baik untuk kesehatan. Sebenarnya, diolah menjadi keripik merupakan salah satu cara terburuk untuk mengonsumsi kentang.

Sebagian besar keripik digoreng dalam minyak yang banyak. Makan terlalu banyak gorengan bisa memicu kanker, sehingga harus dikurangi jika ingin tetap sehat.

Sayuran kalengan

Sayur-sayuran sup kalengan memang lezat dan praktis, tetapi sangat berbahaya. Sup instan bukanlah metode memasak terbaik karena dapat menghilangkan nutrisi sayuran. Sayuran kalengan pun tinggi sodium, juga mengandung gula buatan.

Sayuran goreng

Bahan makanan yang digoreng rasanya pasti enak. Namun, perlu diketahui bahwa menggoreng merupakan metode memasak yang menghilangkan nutrisi sayuran. Setiap sayuran yang terendam minyak tidak baik untuk kesehatan. Hindari menggoreng dengan minyak banyak (deep fried), misalnya terong, bawang bombai, dan lainnya. Risikonya adalah penyakit jantung. Lebih baik olah sayuran dengan cara ditumis.

Acar sayuran


Mungkin selintas terlihat enak, tapi minyak dan pengawet tidak baik bagi pola makan sehat. Mengolah sayuran dalam variasi acar mengalahkan tujuan untuk mengonsumsi sayuran segar. Makan terlalu banyak acar sayuran akan mengundang risiko tumor.
Sumber: http://www.okefood.com/read/2012/05/11/299/627900/salah-masak-sayuran-malah-jadi-tidak-sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar