anak2

Senin, 17 September 2012

sajian masakan sehat

Menyajikan Masakan Sehat untuk Keluarga

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah cermat memilih bahan masakan serta cara memasak yang tepat agar kandungan gizi bahan masakan terjaga serta tidak mengganggu kesehatan. Simak beberapa tips berikut untuk membantu Bunda menyajikan masakan sehat untuk keluarga:
  1. Konsumsi garam yang terlalu banyak adalah penyebab utama penyakit jantung. Jadi kurangi konsumsi garam dengan menghindari makanan dalam kemasan, karena garam dalam makanan kemasan digunakan tidak hanya sebagai perasa, tapi juga sebagai pengawet
  2. Hentikan penggunaan minyak jelantah. Setelah digunakan berkali-kali, minyak mengalami proses oksidasi, seperti logam yang berkarat. Hal ini terlihat dari warna minyak yang berubah menjadi kehitaman. Makanan yang teroksidasi bisa mengganggu kesehatan sel dalam saluran pencernaan, sehingga berakibat infeksi, diare, mual, dan muntah.
  3. Hindari konsumsi bagian yang berwarna putih pada daging sapi, karena bagian ini mengandung jaringan ikat, sehingga sulit dicerna tubuh. Akibatnya daging bertahan lama di lambung dan akhirnya sampai di usus 12 jari tanpa bisa dicerna, sehingga perut akan terasa penuh dan tidak nyaman dalam waktu 24 jam
  4. Bila Bunda ingin mengurangi kolesterol, Bunda bisa membuat telur menjadi lebih sehat dengan membuang kuning telurnya. Kadar kolesterol dalam telur sepenuhnya berasal dari kuning telur, yaitu sebanyak 213 mg. Padahal kadar protein dalam telur hampir seluruhnya berada pada putih telur, yaitu sebanyak 4 gr.
Sumber : http://masakapahariini.com/menyajikan-masakan-sehat-untuk-keluarga/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar