anak2

Senin, 17 September 2012

tips agar brokoli menggoda

Menu & Tips Sederhana agar Brokoli Menggoda Selera

detail berita
(Foto: corbis)
BROKOLI adalah salah satu sayuran yang tidak disukai banyak orang, bisa jadi karena tidak banyak olahan berbahan brokoli, rasa dan aromanya pun tidak menggoda. Namun, bukan berarti Anda menjauhi kandungan gizi yang bisa didapatkan dari sayuran hijau ini.

Masing-masing orang memiliki bahan makanan yang dibenci dan disukai. Benci terhadap sebuah bahan makanan, khususnya sayuran, bisa karena berbagai alasan. Namun, alasan terbesar bisa jadi lantaran cara mengolah yang tidak tepat.

Bila kebetulan anggota keluarga tidak menyukai brokoli, Anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut, seperti dilansir Zester Daily:

Jangan terlalu matang

Brokoli, dan sayuran pada umumnya, sebaiknya tidak dimasak terlalu matang atau bahan-bahan kimia, seperti amonia dan hidrogen sulfida, akan melepaskan senyawanya lalu berinteraksi dengan klorofil sayuran. Hasilnya, brokoli akan berubah warna menjadi kecokelatan, yang tentu mengurangi selera dan mengeluarkan bau yang sangat tidak menggoda selera. Reaksi kimia inilah yang menyebabkan banyak orang membenci brokoli.

Jangan gunakan air terlalu banyak

Brokoli harus selalu dimasak dalam volume kecil air hingga menghasilkan tekstur yang renyah dan warna cerah hijaunya terjaga baik. Itu berarti, brokoli sebaiknya dimasak tidak lebih dari tujuh menit hingga mendidih dan disarankan hanya empat sampai lima menit.

Rendam dalam air dingin segera setelah direbus

Langkah ini harus segera dilakukan usai brokoli direbus. Jangan pernah meninggalkan brokoli dalam air panas. Segera pindahkan brokoli ke dalam wadah berisi air es atau diletakkan di bawah air dingin untuk menghentikan proses pematangan, kecuali jika Anda ingin langsung menyantapnya.

Diolah dengan resep sederhana

Untuk rasa terbaik, brokoli sebaiknya dihidangkan dengan olahan sedernana. Salah satu menu yang bisa dipraktekkan adalah griddled broccoli. Bahan-bahan yang diperlukan, adalah 2 pon brokoli, kupas batangnya lalu potong memanjang, extra virgin olive oil, dan garam secukupnya.

Cara membuatnya:

1. Panaskan wajan di atas api sedang-tinggi.
2. Masukkan garam dan brokoli lalu rebus selama empat menit.
3. Tiriskan brokoli segera dan bilas dengan air dingin atau rendam sebentar ke dalam baskom berisi air es. Tiriskan.
4. Panaskan extra virgin coconut oil dalam wajan lalu masak brokoli hingga berwarna cokelat keemasan atau sekira tiga sampai empat menit. Balikkan brokoli dan masak selama satu menit. Tambahkan sedikit garam saat hendak diangkat dari atas kompor.
 Sumber: http://www.okefood.com/read/2012/08/27/304/681101/menu-tips-sederhana-agar-brokoli-menggoda-selera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar