anak2

Senin, 17 September 2012

cara benar simppan buah dan sayur

Cara Benar Simpan Buah & Sayuran

KAUM ibu rumah tangga yang tinggal di kota biasanya punya aktivitas padat sehingga tidak sempat pergi ke pasar tiap hari. Agar sayuran dan buah tahan lama, perhatikan cara menyimpannya.

Banyak ibu rumah tangga yang juga pekerja kantoran pergi sesekali ke pasar atau supermarket untuk membeli stok sayuran dan buah. Alhasil, kulkas jadi berjubel hingga sayuran dan buah yang awalnya segar menjadi cepat rusak dalam waktu singkat.

Nah, bagi Anda yang mempunyai kebiasaan sama, simak tips benar menyimpan buah dan sayuran, seperti dilansir dari lama TheKitchen berikut ini:

Menyimpan sayuran dengan benarJangan pernah menyimpan buah dan sayuran bersamaan. Buah yang memiliki tingkat pematangan tinggi (etilena) ternyata dapat mematangkan atau merusak sayuran di sekitarnya.

Sebelum menyimpan sayuran, jangan lupa lepas karet atau tali pengikat yang biasanya terdapat di ujung daun. Atau, pastikan tas plastik sayuran Anda mempunyai lubang untuk aliran udara.

Agak longgarkan jarak sayuran, misalnya bayam, jangan direkatkan batang-batangnya karena semakin rekat akan semakin cepat membusuk. Biasakan mencuci sayuran hijau terlebih dahulu atau menyimpannya dengan merendam dalam bak penuh air. Sementara, jamur dan tumbuhan herbal tidak harus dicuci dahulu.

Menyimpan buah dengan benarAlpukat, tomat, mangga, melon, apel, dan pir akan matang sesuai waktunya jika Anda hanya meletakannya begitu saja di meja. Sementara, buah-buahan, seperti paprika, anggur, jeruk, dan stroberi harus disimpan di lemari es karena akan cepat membusuk jika diletakan begitu saja. Pisang, khususnya, lebih baik dipisahkan dari buah-buahan lain karena proses pematangannya cepat dan bisa mempercepat pembusukan buah di dekatnya juga.
Sumber: http://www.okefood.com/read/2012/08/31/304/683250/cara-benar-simpan-buah-sayuran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar