anak2

Senin, 17 September 2012

cermat memilih daging dan ayam berkualitas

Cermat Memilih Daging Sapi & Ayam Berkualitas

detail berita
(Foto: corbis)
BANYAKNYA daging sapi yang dijual di pasaran membuat konsumen harus senantiasa cermat dan teliti. Daging sapi gelonggongan, daging sapi yang diberi bahan pengawet dan pewarna, adalah sedikit ancaman yang mengintai.

Yuk, simak ciri-ciri daging sapi yang baik agar Anda bisa menghasilkan kuliner sehat untuk keluarga:

1. Daging sapi yang bagus adalah berwarna merah cerah, tidak terdapat bercak gelap dengan permukaan yang mengkilap. Selain itu, daging sapi yang baik memiliki serat halus, dengan lemak berwarna kekuningan.

2. Daging sapi yang kaku dan berwarna gelap menunjukkan pemotongan dilakukan pada saat tidak tepat, sebut saja hewan dalam keadaan stres atau tidak diistirahatkan sebelum dilakukan pemotongan. Sementara itu, daging yang berwarna cokelat menandakan sudah terkena udara terlalu lama.

3. Daging sapi yang segar tidak memiliki bau asam atau berbau busuk.

4. Jika dipegang masih terasa basah dan lengket, pertanda daging sudah tidak segar. Daging yang segar tidak lengket di tangan, kenyal, dan tidak lembek bila dipegang.

Sementara, ciri-ciri daging ayam yang baik, antara lain:

1. Daging ayam terbaik diperoleh dari ayam yang baru dipotong. Kulitnya tampak mengkilat, berwarna segar, berbau khas ayam, dan dagingnya kenyal.

2. Ayam yang sudah mati sebelum dipotong, biasanya memar kulitnya, terutama di daerah sayap atau berwarna kekuningan (diberi pewarna).

3. Bentuk ayam yang bulat dan bengkak pertanda ayam sudah disuntik dengan air. Jadi, cermatlah sebelum membeli daging, baik daging sapi maupun daging ayam.
Sumber: http://www.okefood.com/read/2012/09/10/304/687568/cermat-memilih-daging-sapi-ayam-berkualitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar