anak2

Senin, 17 September 2012

sayur segar untuk salad

Sayuran-Sayuran Hijau nan Segar untuk Salad

Kamis, 30 Agustus 2012 12:18 wib
Johan Sompotan - Okezone
detail berita
Romaine (Foto:Corbis)
SALAD memang identik dengan sayuran sehingga dikenal sebagai makanan sehat. Bila Anda pencinta salad, beberapa alternatif sayuran akan membuatnya semakin nikmat.

Beberapa bahan makanan memang bisa diolah ke dalam menu salad, seperti jagung, bawang bombay, daging asap, roti kering, tetapi tetap tidak lengkap tanpa sayuran. Berikut berbagai jenis sayuran yang bisa dimanfaatkan untuk salad, seperti dilansir Sheknows:

Arugula, kadang disebut roketSayuran satu ini mempunyai rasa pahit dan pedas khas yang cukup kuat. Aragula paling sering digunakan dengan tambahan keju parmesan. Anda juga bisa membuat pesto dari daun arugula.

Belgian endiveSayuran ini sedikit terrasa pahit. Ketika membelinya, pilihlah yang memiliki kepala dengan daun putih atau kuning di bagian ujungnya. Sayuran berbentuk panjang seperti sendok ini sering kali menjadi tambahan salad tuna atau campuran daging ayam.

Bib seladaSayuran ini berukuran kecil, bentuknya sedikit keriting, daunnya halus, dan rasanya sedikit manis. Perihal harga, sayuran ini tergolong mahal.

Selada Boston, biasa disebut selada mentegaSayuran ini memiliki daun berwarna hijau pucat dengan bentuk kepala agak bulat. Rasanya “halus” atau cenderung tawar, dan biasanya disajikan dengan dressing salad yang ringan.

Curly endiveSayuran ini mempunyai warna hijau pucat dengan rasa sedikit pahit. Bentuknya keriting dan agak bergerigi, sering digunakan dengan selada lainnya biar salad lebih nikmat.

Iceberg
Sayuran selada ini bisa dibilang sangat klasik dalam olahan salad. Warnanya sangat terang dan agak renyah, dengan rasa dan gizi cukup rendah nilainya.

Romaine
Selada satu ini sudah pasti sering kali dijumpai pada salad, bahkan pembudidayaannya sudah dilakukan lebih dari 2.000 tahun lalu. Jadi, sangat wajar bila sayuran ini digemari dan paling dicari dalam membuat salad.

Bentuk romaine mirip selada, hanya saja warnanya lebih gelap. Rasanya sangat “ringan” dan memiliki bentuk daun agak panjang. Sayuran ini cenderung cocok untuk berbagai dressing salad.

Radicchio
Selain romaine, ada juga sayuran yang sering kali dijumpai pada salad, yakni radicchio. Perihal rasa, romaine memang lebih enak ketimbang sayuran satu ini karena memiliki rasa lebih pahit. Bentuknya mirip kubis, biasanya selalu dikombinasikan dengan sayuran lainnya.
Sumber: http://www.okefood.com/read/2012/08/30/299/682663/sayuran-sayuran-hijau-nan-segar-untuk-salad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar